Workshop Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Dunia Usaha dan Industri Guru SMK Muhammadiyah se-DKI Jakarta

Forum Guru Muhammadiyah (FGM) Daerah Jakarta Barat mengadakan Workshop Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Dunia Usaha dan Industri Guru SMK Muhammadiyah se-DKI Jakarta. Kamis (14/12).

Workshop ini dilaksanakan mulai pukul 09.00-16.00 WIB di SMK Muhammadiyah Jakarta Barat dan dihadiri langsung oleh guru-guru Muhammadiyah jenjang SMK di DKI Jakarta. Dengan keynote speaker oleh DR. Ghufron Aminullah, M.Pd. selaku Wakil Sekretaris Majelis Pendidikan Dasar, Menengah dan Pendidikan Non – Formal Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Pengisi materi workshop yang turut hadir ialah Faizal Zamzany, SE.,MM. Komisaris Utama PT Surya Tekno Komputindo (IDUKA), Drs. H. Yurianto, MM. dari Majelis Dikasmen & PNF Bidang III Pengembangan Sumber Daya Pendidik & Kependidikan PWM DKI Jakarta, serta Suzanna Clarinda, M.Pd. Finalis Guru Inovasi SMK Tingkat Nasional.

Ghufron menyampaikan “Sekolah Muhammadiyah khususnya DKI Jakarta harus mampu bersaing dan menjadi unggulan dan selalu berimprovisasi serta berevitalisasi kearah yang lebih baik”. dari pemaparan materi yang disajikan oleh pemateri, antusiasme para guru sangat tinggi, banyak hal yang dapat diserap dalam meningkatkan lulusan yang siap kerja, kuliah maupun berwirausaha, harapan diadakan workshop guru selain menjadikan tenaga pendidik dan kependidikan yang dapat megelola lulusan dan mentransfer ilmu, guru juga harus berprestasi ditingkat nasional, agar menjadi guru yang dapat dicontoh oleh peserta didiknya.

Workshop ini dilaksanakan atas program Sekretariat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi Republik Indonesia tahun 2023.

Bergerak Bersama dalam Kebhinnekaan Global

Bergerak Bersama dalam Kebhinnekaan Global

Sebagai penutup akhir tahun 2023 pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024, SMK Muhammadiyah 4 Jakarta menggelar kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), dengan tema besar Bhinneka Tunggal Ika dan sub tema Bergerak Bersama Dalam Kebhinnekaan Global diselenggarakan pada Kamis, 14 Desember 2023.

Adi Sugita, S.AP selaku Kepala SMK Muhammadiyah 4 Jakarta berpesan, “Semoga acara ini memberi warna perguruan Muhammadiyah komplek Slipi, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kewajiban implementasi kurikulum merdeka yang bertujuan siswa/i mampu untuk menghargai keberagaman Suku Bangsa Ras dan Agama karnea begitu banyak suku bangsa di seluruh Indonesia sehingga anak anak kita perlu kita perkenalkan kondisi budaya seni dan juga yang lainnya terhadap nusantara.“

Dalam pergelaran P5 siswa/i menampilkan Tari adat tradisional, Musikalisasi Puisi dan Koreografi, Fashion show adat tradisional, karya mading kebhinnekaan, dan membuka stand menghidangkan kuliner tradisional dari adat masing – masing. Penampilan tari tradisional tersebut ada yang dari Provinsi Jakarta dengan tari renggong manis, provinsi Aceh dengan tari saman, provinsi Sumatera Utara tari medley tor tor sigulempong, provinsi Sumatera Barat tari piring, provinsi Nusa Tenggara Barat tari haju jati, dan provinsi lainnya.

Kegiatan P5 yang diwajibkan untuk kelas X dan XI juga turut dimeriahkan oleh seluruh kelas XII. Dalam panggung pagelaran P5, yang juga dihadiri oleh Kasatlak Palmerah Bapak Joko Sunarko, S.Pd, MM. dan ketua Majelis Dikdasmen & PNF Komplek Slipi Bapak Arkat Marni Nugraha, BA. “Kami atas nama majelis DIKDAMSEN & PNF PCM Komplek Slipi mengucapkan terima kasih atas kemeriahan terselenggaranya kegiatan P5 yang spontanitas digerakkan oleh seluruh guru SMK Muhammadiyah 4 Jakarta, yang tanpa adanya panitia kegiatan tersebut berjalan dengan baik, ini akan menjadi ghirah bagi seluruh elemen di Perguruan Muhammadiyah Komplek Slipi” ucap Bapak Arkat Marni Nugraha.

Bapak Joko Sunarko juga menyampaikan bahwa “Dalam pelaksanaan kegiatan P5 ini sangat positif, selain menumbuhkkembangkan kesadaran akan kebhinnekaan, ajang pentas seni dan budaya serta bazar dapat mengembangkan pola berpikir produktifitas yang kemudian menjadikan generasi yang dapat menjadi entrepreneurship”. Sesuai dengan tujuan dari penyelenggaraan P5 bahwa menumbuhkan minat dan bakat bagi siswa/i untuk dapat terus melestarikan budaya nusantara paling tidak siswa/i bisa mengenal budaya yang ada di indonesia, ini lah alasan kita menyelenggarakan kegiatan gelar seni dan budaya dengan bhineka tunggal ika.

Expose SMK DKI Jakarta 2023

Expose SMK DKI Jakarta 2023

SMK Muhammadiyah 4 Jakarta turut berpartisipasi dalam acara Expose SMK DKI Jakarta. Dalam hal ini, SMK Muhammadiyah 4 Jakarta mengirimkan tim drama musikal untuk tampil sebagai program ekstrakurikuler unggulan SMK. Drama yang dipersembahkan berjudul “Perjuangan Sahabat di SMK Muhammadiyah 4 Jakarta Menuju Sukses”.

Drama ini menceritakan tiga orang sabahat yaitu Enzo, Ben, dan Putra yang sering kali tidak masuk jam pelajaran karena berjualan untuk mendapatkan tambahan biaya sekolah. Hingga suatu ketika, ketiga sahabat itu dipanggil oleh guru BK karena sudah terlalu sering tidak masuk jam pelajaran. Mereka pun tersadar dan ingin mengubah diri menjadi lebih baik, mereka meminta bantuan kepada siswa pintar untuk mendampingi belajar.

Saat pengumuman kelulusan telah tiba, mereka dinyatakan lulus dari SMK Muhammadiyah 4 Jakarta. Enzo melanjutkan untuk kuliah, Ben berwirausaha, dan Putra mendapat panggilan bekerja di tempat PKL. Selain menampilkan program ekstrakurikuler unggulan SMK, Expose SMK DKI Jakarta juga menggelar pameran unggulan SMK dan Job Expo. Alhamdulillah, acara berjalan lancar dan meriah.

Risa Anjani, S.Pd.

Politeknik Tempo dan SMK Muhammadiyah 4 Jakarta Teken MoU

Politeknik Tempo dan SMK Muhammadiyah 4 Jakarta Teken MoU

SMK Muhammadiyah 4 Jakarta menjalin kerja sama. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) berlangsung di Kampus Palmerah, Senin (25/09/2023).

Kerja sama tersebut ditandangani oleh Direktur Politeknik Tempo Bapak Shalfi Andri, S.P., M.M. dan Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 4 Jakarta, Bapak Adi Sugita, S.AP.

Nota Kesepahaman dilakukan sebagai bentuk penyelenggaraan pendidikan. Juga pelatihan sesuai kompetensi pada bidang keahlian tertentu untuk kejuruan Bisnis Digital (BD) dan Manajemen Perkantoran (MP) dalam bentuk kelas kerjasama secara profesional yang memadukan kebutuhan Industri, dunia usaha dan dunia kerja.

Direktur Politeknik Kompas Shalfi Andri, memaparkan kerjasama ini dalam rangka peningkatan mutu lulusan pada pendidikan vokasi. Khususnya Politeknik Kompas dan SMK Muhammadiyah 4 Jakarta pada bidang keahlian seperti Bisnis Digital dan Manajemen Perkantoran.

Kepala SMK Muhammadiyah 4 Jakarta, Bapak Adi Sugita, S.AP menyampaikan proses pendidikan pada SMK diantaranya yaitu “Kerjasama yang bertujuan untuk menyukseskan program link and match dengan dunia usaha dan dunia Industri,”.

Sedangkan Direktur Politeknik Tempo Shalfi Andri juga menyampaikan bahwa “untuk menyiapkan dan menguatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sebagai agen perubahan yang mampu menguasai bidangnya masing-masing, Lulusan SMK tidak harus melulu lulus sekolah bekerja, tetapi harus menguatkan kompetensinya dengan pendidikan yang lebih tinggi minimal D4″.

Lebih lanjut, Shalfi menuturkan upaya ini juga untuk menghasilkan calon tenaga kerja industri yang memiliki pengetahuan. Juga keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan kebutuhan industri.

“Semoga dengan terjalinnya kerjasama dapat meningkatkan wawasan siswa sehingga hal yang diharapkan dapat direalisasikan dengan baik,” harap Shalfi.

Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Jakarta Adi Sugita berharap kerjasama ini bisa bermanfaatkan untuk SMK Muhammadiyah 4 Jakarta dan Politeknik Kompas.

“Dengan adanya MoU ini dapat meningkatkan kerjasama dan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak,” harapnya.

Penyerahan Beasiswa Prestasi Akademik Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023-2024

Penyerahan Beasiswa Prestasi Akademik Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023-2024

SMK MUHAMMADIYAH 4 Jakarta — Kepala Sekolah SMKMUH4, Bapak Adi Sugita, S.AP., yang didampingi Wakil Bidang Kesiswaan, Kurikulum dan Sarpras, beserta wakil bidang Hubin, memberikan beasiswa akademik terhadap pencapaian prestasi 24 peserta didik kelas X, XI dan XII yang dihadiri oleh orang tua/wali peserta didik. Acara tersebut diselenggarakan di Ruang Lab FO, SMKMUH4, Jumat(22/9).

Beasiswa itu untuk memberikan motivasi kepada para peserta didik dalam proses belajar. Pemberian penghargaan dimaksud agar menjadi contoh tauladan dan motivasi bagi peserta didik yang lainnya dalam upaya mengembangkan potensi para peserta didik untuk meningkatkan mutu pendidikan SMK MUH4. “Selain itu, pemberian beasiswa ini adalah suatu bentuk respon sekolah terhadap peserta didik yang berpresatsi dibidang akademik yang bersekolah di SMK MUH4”, tambah Bapak Adi Sugita,S.AP.

Pada acara tersebut Kepala SMK Muhammadiyah 4 Jakarta Bapak Adi Sugita, S.AP., menyampaikan dengan pemberian beasiswa ini supaya dapat bermanfaat bagi peserta didik dan orang tua/wali dengan harapan orang tua/wali dapat mempromosikan SMK MUH4 ke-masyarakat.

Program beasiswa ini akan terus berlanjut setiap tahunnya, dengan adanya program ini Bapak Adi Sugita, S.AP., berharap dengan pemberian beasiswa ini dapat membantu anak dari keluarga yang tidak mampu untuk mencapai cita-citanya di SMK dan menjadi kebanggaan bagi orang tuanya.

Prestasi SMKMUH4 di Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat SMA / SMK se – Jakarta Barat

SMKMUH4, Alhamdulillah dalam pagelaran Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMK Muhammadiyah 4 Jakarta, dalam keikutsertaannya mampu menorehkan prestasi kembali, kali ini dalam bidang olahraga pada Tanggal 14 sd 16 Juni 2023. Pada ajang perlombaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat SMA / SMK kali ini ada beberapa bidang olahraga yang dilombakan yaitu Atletik, Renang, Bulutangkis, karate, dan pencaksilat.

Peserta didik SMK Muhammadiyah 4 Jakarta yang mengikuti lomba O2SN didampingi oleh Bapak Elga Muhammad Prayuda, S.Pd. sebagai guru olahraga dan Bapak Fernando, S.Pd. sebagai guru BK / BP.

Adapaun daftar nama siswa yang dikirim dalam kegiatan O2SN tersebut ialah :

  1. Alexi Rossi Fahrezi (XII TKJ Reguler)
  2. M. Sulaiman Al Fathan (XII OTKP 2)
  3. Muhammad Sulaiman Alfathan Rizky Wijaya ( XII OTKP 2)
  4. Muammar Qaddafi (XI TKJ 2)
  5. Firbee Nayumi Cawlan (XII TKJ Telkom)
  6. Azida Aisyawa Azzahra (XI AKL)

Dari daftar peserta yang mengikuti kegiatan O2SN terdapad peserta didik yang mendapatkan prestasi, Atas kemenangannya tersebut Alexi Rossi Fahrezi sebagai juara 3 badminton putra, M. Sulaiman Al Fathan sebagai juara harapan 2 atletik putra, Muammar Qaddafi sebagai juara 2 pencaksilat putra, Ferbee Nayumi Caulan sebagai juara 3 Atletik putri, Azida Aisyawa Azzahra sebagai juara 3 badminton putri.

Atas kemenangannya tersebut Muammar Qaddafi mampu melanjutkan ke tingkat Provinsi untuk mewakili Jakarta Barat dalam O2SN DKI Jakarta.

Selamat untuk pemenang mata lomba dan semangat juga untuk peserta yang belum berkesempatan menjadi pemenang, semoga bisa menjadi pemenang dan menorehkan prestasi diperlombaan yang lainnya.

Penuh harapan semoga seluruh peserta didik SMK Muhammadiyah 4 Jakarta bisa menorehkan berbagai macam prestasi lagi kedepannya baik dari akademik ataupun nonakademik.

Sambut KTT Asean ke-43, SMK Muhammadiyah 4 Jakarta PJJ/BDR

Sambut KTT Asean ke-43, SMK Muhammadiyah 4 Jakarta PJJ/BDR

SMK Muhammadiyah 4 Jakarta dianjurkan untuk memberikan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran di rumah (PJJ/BDR) pada Konferensi Tingkat Tinggi Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN Summit) ke-43. Sembilan kecamatan tersebut antara lain Gambir, Menteng, Tanah Abang, Senen, Palmerah, Kebayoran Baru, Mampang, Setiabudi, dan Sawah Besar. Hal itu diungkapkan Dinas Pendidikan DKI Jakarta melalui surat bernomor e-0050/SE/2023 perihal penyelenggaraan kegiatan pendidikan dalam rangka Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN Summit) ke-43 di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Berdasarkan nada surat edaran tersebut, siswa yang bersekolah di sekolah di kawasan tempat diselenggarakannya KTT ASEAN akan melakukan PJJ. Undang-undang ini berlaku mulai 4 September hingga 7 September 2023. Sedangkan pada 8 September 2023, proses belajar mengajar di sekolah berlangsung seperti biasa.

Aturan tersebut berlaku mulai tanggal 4-7 September 2023. Sementara pada tanggal 8 September 2023, proses belajar mengajar di sekolah akan berjalan normal.

Berikut bunyi aturan lengkap dalam surat edaran tersebut.

1. Melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh atau Belajar Dari Rumah (PJJ/BDR) 100% (seratus persen) pada tanggal 4-7 September 2023 pada Satuan Pendidikan di 9 (sembilan) Kecamatan yang bersinggungan dengan tempat pelaksanaan KTT ASEAN.

2. Pendidik dan Tenaga Kependidikan melaksanakan tugas kedinasan dari rumah (Work From Home) dengan melaporkan kehadiran/presensi secara online melalui laman absensimobile.jakarta.go.id sebanyak dua kali.

3. Jumlah jam pelajaran PJJ/BDR yang dilaksanakan setiap harinya sesuai dengan standar kurikulum dan jadwal pelajaran harian.

4. Kepala Satuan Pendidikan memastikan pelaksanaan PJJ/BDR berjalan baik.

5. Para Kepala Bidang Dinas Pendidikan, Kepala Suku Dinas, Pendidikan, Ketua Satuan Pelaksana Pendidikan Kecamatan, Pengawas, dan Penilik melakukan pemantauan untuk memastikan pelaksanaan PJJ/BDR berjalan dengan baik.

HUT RI ke-78 SMK Muhammadiyah 4 Jakarta Tahun 2023

HUT RI ke-78 SMK Muhammadiyah 4 Jakarta Tahun 2023

Dalam rangka HUT RI ke -78 SMK Muhammadiyah 4 Jakarta mengikuti kegiatan yang diadakan oleh Majelis Dikdasmen PCM Komplek Slipi yang menggelar berbagai ragam acara untuk memeriahkan HUT RI ke – 78. Sesuai dengan tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” Kegiatan ini dimeriahkan tiga kategori mata lomba guna melihat bibit – bibit unggul masa depan bangsa diantaranya:

  • Kategori Agama dan Kemuhammadiyahan,
  • Kategori Pengetahuan,
  • Kategori Umum.

SMK Muhammadiyah 4 Jakarta, keluar sebagai juara umum dalam 3 kategori lomba di atas, mengungguli SMA Muhammadiyah 15 Jakarta dan SMP Muhammadiyah 26 Jakarta yang juga turut memeriahkan kegiatan gebyar HUT RI ke – 78 yang digelar pada tanggal 14 s.d. 18 Agustus 2023.

Rangkaian acara lomba dilaksanakan pada 14 – 16 Agustus 2023, Pengibaran Bendera Merah Putih Peringatan HUT RI ke-78 di gelar pada tanggal 17 Agustus 2023 dan Pembagian Hadiah. Penutupan dan Gelar Parade Budaya dilaksanakan pada Hari Jum’at tanggal 18 Agustus 2023.