Bergerak Bersama dalam Kebhinnekaan Global Sebagai penutup akhir tahun 2023 pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024, SMK Muhammadiyah 4 Jakarta menggelar kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), dengan tema besar Bhinneka Tunggal Ika dan sub tema Bergerak Bersama Dalam Kebhinnekaan Global diselenggarakan pada Kamis, 14 Desember 2023. Adi Sugita, S.AP selaku Kepala SMK Muhammadiyah […]

Bergerak Bersama dalam Kebhinnekaan Global

Sebagai penutup akhir tahun 2023 pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024, SMK Muhammadiyah 4 Jakarta menggelar kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), dengan tema besar Bhinneka Tunggal Ika dan sub tema Bergerak Bersama Dalam Kebhinnekaan Global diselenggarakan pada Kamis, 14 Desember 2023.

Adi Sugita, S.AP selaku Kepala SMK Muhammadiyah 4 Jakarta berpesan, “Semoga acara ini memberi warna perguruan Muhammadiyah komplek Slipi, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kewajiban implementasi kurikulum merdeka yang bertujuan siswa/i mampu untuk menghargai keberagaman Suku Bangsa Ras dan Agama karnea begitu banyak suku bangsa di seluruh Indonesia sehingga anak anak kita perlu kita perkenalkan kondisi budaya seni dan juga yang lainnya terhadap nusantara.“

Dalam pergelaran P5 siswa/i menampilkan Tari adat tradisional, Musikalisasi Puisi dan Koreografi, Fashion show adat tradisional, karya mading kebhinnekaan, dan membuka stand menghidangkan kuliner tradisional dari adat masing – masing. Penampilan tari tradisional tersebut ada yang dari Provinsi Jakarta dengan tari renggong manis, provinsi Aceh dengan tari saman, provinsi Sumatera Utara tari medley tor tor sigulempong, provinsi Sumatera Barat tari piring, provinsi Nusa Tenggara Barat tari haju jati, dan provinsi lainnya.

Kegiatan P5 yang diwajibkan untuk kelas X dan XI juga turut dimeriahkan oleh seluruh kelas XII. Dalam panggung pagelaran P5, yang juga dihadiri oleh Kasatlak Palmerah Bapak Joko Sunarko, S.Pd, MM. dan ketua Majelis Dikdasmen & PNF Komplek Slipi Bapak Arkat Marni Nugraha, BA. “Kami atas nama majelis DIKDAMSEN & PNF PCM Komplek Slipi mengucapkan terima kasih atas kemeriahan terselenggaranya kegiatan P5 yang spontanitas digerakkan oleh seluruh guru SMK Muhammadiyah 4 Jakarta, yang tanpa adanya panitia kegiatan tersebut berjalan dengan baik, ini akan menjadi ghirah bagi seluruh elemen di Perguruan Muhammadiyah Komplek Slipi” ucap Bapak Arkat Marni Nugraha.

Bapak Joko Sunarko juga menyampaikan bahwa “Dalam pelaksanaan kegiatan P5 ini sangat positif, selain menumbuhkkembangkan kesadaran akan kebhinnekaan, ajang pentas seni dan budaya serta bazar dapat mengembangkan pola berpikir produktifitas yang kemudian menjadikan generasi yang dapat menjadi entrepreneurship”. Sesuai dengan tujuan dari penyelenggaraan P5 bahwa menumbuhkan minat dan bakat bagi siswa/i untuk dapat terus melestarikan budaya nusantara paling tidak siswa/i bisa mengenal budaya yang ada di indonesia, ini lah alasan kita menyelenggarakan kegiatan gelar seni dan budaya dengan bhineka tunggal ika.

Previous Post

Expose SMK DKI Jakarta 2023

Next Post

Workshop Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Dunia Usaha dan Industri Guru SMK Muhammadiyah se-DKI Jakarta