Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain.

Pemasaran juga merupakan salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi.

Pemasaran adalah salah satu kompetensi keahlian yang ada pada satuan pendidikan SMK Muhammadiyah 4 Jakarta. Kompetensi Keahlian Pemasaran saat ini mempunyai tiga rombongan belajar untuk masing–masing tingkat. Kompetensi yang diharapkan setelah peserta didik lulus adalah mampu:

  • Memahami prinsip-prinsip bisnis
  • Menata produk
  • Melaksanakan negosiasi
  • Melaksanakan konfirmasi keputusan pelanggan
  • Melaksanakan proses administrasi transaksi
  • Melakukan penyerahan atau pengiriman barang
  • Melaksanakan penagihan pembayaran
  • Mengoperasikan peralatan transaksi di lokasi penjualan
  • Menemukan peluang baru dari pelanggan
  • Melaksanakan pelayanan prima
  • Membuka usaha eceran/ritel
  •  Melakukan pemasaran barang dan jasa
  •  Membuat program aplikasi bisnis

 

Pendukung Jurusan Marketing

  1. Pertokohan (Toko Nur Sejahtera) sebagai wahana praktikum siswa dalam kegiatan penjualan secara riil.
  2. Laboratorium Cash Register
  3. Laboratorium Packaging
  4. Laboratorium Display

Materi Pembelajaran Produktif

  1. Menata Produk / Display
  2. Melakukan Negosiasi
  3. Menemukan peluang baru dengan pelanggan
  4. Bekerja sama dengan Kolega
  5. Mengikuti prosedur keamanan, keselamatan, dan kesehatan kerja
  6. Menyiapkan dan mengoprasikan peralatan transaksi di lokasi pemasaran
  7. Melakukan proses administrasi transaksi
  8. Materi dasar kejujuran dan mulok yang mendukung
  9. Bekerja sama dengan dunia usaha dan industri (DU / DI) dengan taraf nasional maupun internasional