Market Day SMK MUH4

Market Day SMK MUH4

JAKARTA (21/12/2018)– Banyak kegiatan sebagai alternatif mengisi akhir semester siswa di berbagai jenjang pendidikan. Salah satunya adalah Market Day. Kegiatan ini berupa belajar menjual berbagai olahan makanan dan minuman.

Market Day mendidik anak mengembangkan jiwa entrepreneur sekaligus penguatan karakter siswa.

Seperti dilakukan para siswa SMK Muhammadiyah 4 Jakarta. Kegiatan tersebut guna mengisi Kegiatan Akhir Semester Ganjil dan diikuti seluruh siswa kelas X, XI dan XII , sejumlah 20 kelas di sekolah tsb.

Dijelaskan oleh Kepala SMK Muhammadiyah 4 Jakarta, Adi Sugita, kegiatan Market Day diselenggarakan sebagai bentuk perwujudan dan aplikasi penguatan pendidikan karakter di sekolah. Ada nilai religius, kemandirian dan gotong royong. Dari nilai religius, siswa dilatih untuk melakukan nilai-nilai kejujuran dalam proses jual beli sampai dengan laporan perolehan hasil.

Wujud sikap mandiri dan gotong royong, anak-anak diberi kebebasan untuk mempersiapkan lapak, memilih dan menjajakan barang dagangannya. Sekolah hanya memberi rambu-rambu bahwa yang dijual dalam bentuk jajanan makanan dan minuman tradisional, yang sehat dan tidak mengandung bahan pengawet.

Market Day ini salah satu program sekolah dan baru pertama kali dilaksanakan, untuk mengenalkan jiwa enterpreneur. Sebagai bekal anak-anak terjun ke masyarakat setelah lulus nanti. Memang sekolah memberikan keleluasaan kepada siswa dalam menyalurkan kreativitas,” jelas Adi Sugita.

Dijelaskan pula dari pemilihan menu makanan dan minuman, serta konsep pemasaran dan manajemen usaha, diserahkan semuanya kepada siswa. Anak-anak diberi keleluasaan menggunakan lingkungan sekolah yang berupa kebun dan taman, sebagai lokasi tempat membuka usaha mereka dalam acara Market Day tersebut.

“Dalam acara ini tidak ada intervensi dari guru atau sekolah. Anak-anak sendiri yang berkreativitas maunya seperti apa,” tandas Sri Sudirin selaku wakil kepala sekolah bid. Kurikulum

Namun ternyata konsep para siswa dinilai luar biasa. Lingkungan sekolah dirubah menjadi lapak-lapak sebagai pasar tradisional.

Fitrahuddin mengatakan bahwa, Market Day sebagai ajang untuk mengasah kemampuan diri bidang kewirausahaan. Kegiatan ini memberi pengalaman kepada siswa.

“Tentunya ini sangat bermanfaat untuk bekal nanti setelah lulus. Pengalaman yang diperoleh dapat dikembangkan lagi saat nanti terjun di masyarakat.