TEFA Call to Action

TEFA Call to Action

Salah satu upaya dalam revitalisasi SMK adalah adanya program Teaching Factory (TEFA) yang telah digulirkan oleh Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Program Teaching Factory (TEFA) adalah model pembelajaran di SMK yang berbasis jasa/produksi yang mengacu pada standar dan prosedur yang berlaku di industri dan dilaksanakan dalam suasana seperti yang terjadi di industri.

SMK Muhammadiyah 4 Jakarta adalah salah satu SMK yang telah ditunjuk untuk mendapatkan bantuan Program Teaching Factory (TEFA) untuk tahun 2018.

Konsep Teaching factory

Model Pertama

Dual system dalam bentuk praktek kerja industri adalah pola pembelajaran kejuruan di tempat kerja yang dikenal sebagai experience based training atau enterprise based training

Model Kedua

Competency Based Training (CBT) atau pelatihan berbasis kompetensi merupakan sebuah pendekatan pembejalaran yang menekankan pada pengembangan dan peningkatan keterampilan dan pengetahuan peserta didik sesuai dengan kebutuhan pekerjaan. Pada metode ini, penilaian peserta didik dirancang sehingga dapat memastikan bahwa setiap peserta didik telah mencapai keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan pada setiap unit kompetensi yang ditempuh.

Model Ketiga

Production Based Educatio and Training (PBET), merupakan pendekatan pembelajaran berbasis produksi. Kompetensi yang dimiliki oleh peserta didik perlu diperkuat dan dipastikan keterampilannya dengan memberikan pengetahuan pembutan produk nyata yang dibutuhkan dunia kerja (industri dan masyarakat).


Tujuan dan Manfat Teaching Factory

Program Teaching factory di SMK adalah melakukan realisasi produk dalam sistem pembelajaran, sedangkan secara khusus bertujuan antara lain:

Bagi Siswa

  1. Mempersiapkan lulusan smk menjadi pekerja,dan wirausaha.
  2. Membantu siswa memilih bidang kerja yg sesuai dengan kompetensinya.
  3. Menumbuhkan kreatifitas siswa melalui learning by doing.
  4. Memberikan keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja.
  5. Memperluas cakupan kesempatan rekruitmen bagi lulusan SMK.
  6. Membantu siswa SMK dalam mempersiapkan diri menjadi  tenaga kerja, serta membantu menjalin kerja sama dengan dunia kerja yang aktual, dan lain-lain
  7. Memberi kesempatan kepada siswa SMK untuk melatih keterampilannya sehingga dapat membuat keputusan tentang karir yg dipilih.

Bagi Guru

  1. Memberi kesempatan kepada guru SMK untuk memperluas wawasan instruksional.
  2. Memberi kesempatan kepada guru SMK untuk membangun jembatan instruksional antara dunia kelas dengan dunia kerja.
  3. Membuat pelajaran lebih menarik dan memotivasi siswa belajar.

Tefa SMK Muhammadiyah 4 Jakarta salah satunya dalam program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan siap menerima jasa dalam bentuk:

Service Center seluruh brand laptop/unit pc,

Perakitan PC baik low end sampai high end PC,

Layanan Purna Jual dan,

Design Grafis dalam bentuk pembuatan Logo, Poster, Leaflet, Kalender, Website dan lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut berikut personal kontak kami:

Chairul Mudrika 0812 8322 9878
Gilang Ramadhan 0878 8898 4029