Studi Banding Kelas Industri

Studi Banding Kelas Industri

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, maka diperlukan kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik. Kegiatan seperti ini tentunya sangat bagus bagi perkembangan suatu kebutuhan yang diharapkan sebagaimana mestinya.

Kelas Industri merupakan salah satu program pemerintah agar dapat mencetak SDM dari SMK yang lebih berkualitas dengan bekerja sama langsung dengan perusahaan ataupun industri. Instansi pendidikan khususnya SMK diberikan kebebasan untuk mencari rekanan industri yang sesuai dengan kompetensi dan tujuan dari sekolah tersebut. 

SMK Muhammadiyah 4 Jakarta Barat, SMK Muhammadiyah 1 Jakarta Pusat, SMK Muhammadiyah 15 Jakarta Selatan dan SMK Muhammadiyah 7 Jakarta Selatan ingin menginisiasi dan saling berbagi tentang kelas industri demi terdistribusi dan terserapnya lulusan terhadap dunia industri, khususnya lingkungan sekolah kejuruan Muhammadiyah DKI Jakarta.

Sebagai sekolah swasta, Muhammadiyah ingin memberikan solusi alternatif kepada dunia industri akan kebutuhan SDM, khususnya SDM yang memiliki identitas dan karakter terhadap etos kerja, mengembalikan identitas pelajar dari sekolah swasta di DKI Jakarta yang bukan sebagai “Indikator Pelajar Gemar Tawuran”. Tetapi menjadi pelajar yang giat, tekun, terampil dan berperilaku positif.

Untuk itulah perlu adanya sinergisitas, dimana SMK Muhammadiyah 4 Jakarta yang telah memiliki kelas industri Telkom, SMA Muhammadiyah 1 Jakarta yang juga telah memiliki kelas Industri Tunas Daihatsu dan Axioo merupakan cikal bakal terbentuknya kelas – kelas industri pada sekolah – sekolah Muhammadiyah di DKI Jakarta di jenjang SMK.