Praktikum Perakitan KomputerTKJ adalah singkatan dari Teknik Komputer Jaringan.TKJ merupakan sebuah kejurusan yang mempelajari tentang cara-cara merakit komputer dan menginstalasi program komputer. Kejurusan ini hanya ada di STM/SMK.Program keahlian TKJ berbeda dengan RPL(Rekayasa Perangkat Lunak). RPL adalah jurusan yang mempalajari tentang program-program yang ada di komputer dan jika kita mengambil jurusan ini kita akan menjadi seorang programmer. Dalam mengambil kejurusan kita harus tahu dulu apa yang akan kita pelajari dalam jurusan tersebut. Sebelum mengtahui lebih jauh tentang TKJ lebih baik kita cari tahu tentang apa itu komputer.Komputer adalah sebuah perangkat elektronik yang berfungsi sebagai input, process, dan output. Pada jurusan ini kita akan bekerja di PT yang merakit komputer.

Sekarang ini jurusan TKJ merupakan jurusan yang sangat populer/banyak peminatnya, meskipun banyak sekali saingan dari jurusan TKJ yaitu jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), jurusan Multimedia, dan lain-lain.

Jurusan TKJ sngatlah mudah untuk dipelajari hanya modal kemauan untuk belajar dan belajar. Saya juga dulu tidak tahu apa itu TKJ, tapi setelah sekolah di jurusan ini saya jadi banyak tahu mengenai bagaimana memperbaiki PC, menginstalasi Jaringan LAN maupun yang lainnya.

PELUANG TKJ DALAM BEKERJA

Pangsa Pasar tenaga kerja dari TKJ untuk akhir-akhir ini sangatlah terbuka luas bagi siswa-siswa yang benar-benar mampu menguasai ilmu dan pelajarannya (Kompeten pada bidangnya). Hal ini dapat kita lihat dari perkembangan Teknologi Informasi Komputer (TIK), boleh kita katakan bahwa setiap sendi kehidupan pada akhir-akhir ini tidak dapat dijauhkan dari Komputer, baik perangkat lunaknya (Software) maupun perangkat keras (Hardware).

Oleh karena itu diharapkan agar siswa-siswi yang telah memilih jurusan TKJ ini mampu mengembangkan ilmu dan pelajaranya bukan saja hanya di sekolah akan tetapi juga di luar sekolah, dan kalau siswa-siswa telah berkopetensi yang baik maka dunia kerja akan siap menampunnya serta tidak kemungkinan untuk membuka usaha sendiri (wirasuasta), adapun dunia kerja yang akan menampung lulusan TKJ nantinya antara lain :

Semua Perusahaan yang menggunakan teknologi komputer dan jaringan (misal : BUMN, BANK, Perusahaan-Perusaan, dll).

  • Kantor-kantor pemerintah.
  • Sekolah-sekolah.
  • TSS (Technical Support System)
  • Tempat-tempat servis komputer.
  • ISP (Interner Service Provider)
  • Instalasi jaringan komputer
  • Warnet (Warung Internet)
  • Rental Komputer, dll

Teknik komputer (disebut juga teknik sistem komputer, bahasa Inggris: computer engineering) adalah suatu disiplin khusus yang mengkombinasikan teknik elektro dan ilmu komputer. Seorang teknisi komputer adalah teknisi elektro arus lemah yang lebih berfokus pada sistem sirkuit digital, sistem komunikasi data pada frekuensi radio, dan elektronika sebagai bagian dari komputer secara menyeluruh. Dari kacamata ilmu komputer, seorang teknisi komputer adalah seorang arsitek perangkat lunak yang memiliki fokus pada interaksi antara perangkat lunak dan program serta komponen perangkat keras pendukungnya.

Praktikum JaringanTKJ adalah program keahlian yang bertujuan membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten dalam merakit, menginstall program, merawat dan memperbaiki komputer serta jaringannya. Siswa TKJ (meskipun belum tamat) mampu bekerja sebagai teknisi komputer dan administrator jaringan di toko/ servis komputer, kantor, hotel, bank atau ISP baik di tingkat lokal (nasional) maupun luar negeri.

TKJ merupakan program keahlian di suatu SMK Negeri, siswa TKJ diakui kemampuannya oleh kalangan dunia kerja. Sejak terbitnya kebijakan pemerintah bahwa sekolah kejuruan (dulu SMEA, STM, SMKK, dll) berubah nama menjadi SMK, menimbulkan konsekuensi bahwa setiap SMK memiliki kewenangan yang sama untuk membuka jurusan (bidang keahlian) / prodi (program keahlian) baru atau lebih populer dengan istilah re-engineering.

  • Tujuan Program Keahlian
  • Menginstal perangkat jaringan berbasis local
  • Menginstal perangkat jaringan berbasis luas (global)
  • Menginstall perangkat computer personal dan menginstall system operasi dan aplikasi
  • Merancang bangun dan mengadministrasi jaringan berbasis luas.

Dari segi peluang kerja setelah lulus sangat banyak peluangnya. Mulai dari menjadi teknisi komputer, teknisi jaringan, membuka toko komputer, atau bisa juga membuka warnet sendiri.